Perpustakaan Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Pada jaman modern ini teknologi semakin maju menghasilkan berbagai penunjang kehidupan manusia, informasi sekarang mudah di dapat melalui berbagai media salah satunya ialah internet. Internet sendiri merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, dengan internet ini dari komputer dapat berkomunikasi dengan teman dan memperoleh informasi. Internet pun sudah menjadi suatu kebutuhan bagi para pelajar untuk mencari tugas sekolah. Pendidikan di Indonesia sudah mendominasi dalam pemanfaatan terhadap teknologi informasi yang sedang berkembang pesat.

Hal ini yang menimbulkan kemajuan dan efektifitas dalam kemajuan pendidikan itu sendiri. Pemanfaatan Teknik Informasi dan Komunikasi dapat diterapkan dalam modul pembelajaran. Perpustakaan digital menjadi salah satu solusi akan mahalnya buku buku cetak di Indonesia. Biasanya guru hanya menjelaskan materi di papan tulis dan sumber utamanya tetaplah buku cetak yang harganya mahal dan belum tentu semua materi di dalamnya akan dipelajari oleh peserta didik.

Pendidikan sendiri merupakan masalah utama dalam era globalisasi. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia untuk meninggkatkan sumberdaya tersebut maka harus di kembangkan minat dalam membaca. Makan harus ada sarana baru seperti perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tersebut melalui perangkatan digital (Sismanto, 2008). Layanan ini dpat mempermudah kita dalam mencari informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat dan akurat. Dalam perpustakaan digital tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan sumber sumber lain dan pelayanan informasinya terbuka bagi pengguna di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan digital tidaklah terbatas pada dokumen elektronik pengganti bentruk cetak saja, ruang lingkup koleksinya sampai pada artefak digital yang tidak bisa digantikan dalam bentuk tercetak.

Proses pembuatan Perpustakaan digital menurut Suryandari (2007), terdapat proses digitalisasi yang terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu:

  1. Scanning, yaitu proses memindah dokumen dalam bentuk cetak dan mengubahnya kedalam bentuk berkas digtal, contohnya seperti berkas PDF.
  2. Editing, yaitu proses mengolah berkas PDF didalam komputer dengan cara memberikan catatankaki,hyperlink,daftarisidansebagainya.Proses OCR (Optical Character Recognition) dikatergorikan pula kedalam proses editing. OCR adalah sebuah proses yang mengubah gambar menjadi teks.
  3. Uploading, yaitu proses pengisian (input) metadata dan meng-upload berkas dokumen tersebut kedigital library.Berkas yang di-upload sudah dalam berkas PDF yang telah melalui prose editing.

Perbedaan perpustakaan biasa dan digital terlihat pada keberadaan koleksi. Koleksi perpustakaan digital tidah harus berada di sebuah tempat fisik, sedangkan koleksi perpustakaan biasa terletak pada sebuah tempat yang menetap, yaitu perpustakaan. Selain itu konsepan dari kedua perpustakaan juga terdapat perbedaan ,konsep perpustakaan digital identik dengan internetr atau komputer, sedangkan konsep perpustakaan biasa adalah buku buku yang terletak pada suatu tempat. Perpustakaan digital dapat dinikmati pengguna dimana saja dan kapan saja, sedangkan pada perpustakaan biasa pengguna menikmati di perpustakaan denngan jam jam yang telah diatur oleh kebijakan organisasi perpustakaan.

Tulisan ini dipublikasikan di Dasar - dasar Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Perpustakaan, Sumbangsih Pemikiran. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Perpustakaan Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

  1. M. Richo Musyafak (19540012) berkata:

    Seharusnya pendidikan merupakan masalah utama dalam era globalisasi. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia untuk meninggkatkan sumberdaya tersebut maka harus di kembangkan minat dalam membaca. Maka, harus ada sarana baru seperti perpustakaan digital agar pengguna dimana saja dan kapan saja,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *